Membuat Running LED Berbasis IC Register 74HC595

Dari pengalaman pada saat Lomba LKS Tingkat Provinsi, pada lomba tersebut perserta diminta membuat running LED menggunakan IC Register dan Mikrokontroler Atmega8, dimana Mikrokontroler berfungsi sebagai pembangkit Clock sebagai detak jantung dari IC Register. Hal tersebut membuat kami agak bingung, karena kurang terbiasa membuat Running LED dengan IC register.

Biasanya kami membuat running LED berbasis Mikrokontroler Atmega16 saja, dan pada Uji Kompetensi Keahlian (UKK) juga menggunakan mikrokontroler tersebut untuk menyelesaikan Paket Soal 2 UKK Teknik Elektronika Industri tahun 2019.

Pada jejak kali ini saya ingin mencoba membuat dan mensimulasi khusus IC Register saja, agar bisa memahami prinsip kerja dan rangkaiannya sebelum dihubungkan ke pengendali mikrokontroler dan sejenisnya. Sekarang lihat dulu konfigurasi dari IC Register 74HC595 seperti pada gambar di bawah ini.

Konfigurasi Pin IC 74HC595

Secara umum IC 74HC595 bekerja seperti gambar di bawah ini.

Prinsip Kerja IC 74HC595

Clock dan Latch pada gambar di atas memiliki frekuensi yang konstan, sedangkan Data berubah-ubah sesuai yang diinginkan, sinyal keluaran yang muncul merupakan sinyal Data pada saat sinyal Latch tinggi (1).

Penerapan IC 74HC595 bisa memiliki banyak variasi, pada jejak kali ini saya mencoba untuk membuat rangkaian penerapan IC 74HC595 sebagai running LED seperti pada gambar di bawah ini.

Rangkaian Penerapan IC 74HC595

Pada rangkaian di atas ada 2 buah IC 74HC595, jika tombol Data ditekan 1 detik maka LED akan menyala 1 buah terus bejalan dari awal sampai akhir sebanyak 1 kali, jika tombol Data ditekan 2 detik maka LED akan menyala 2 buah terus bejalan dari awal sampai akhir sebanyak 1 kali, jika tombol Data ditekan 3 detik maka LED akan menyala 3 buah terus bejalan dari awal sampai akhir sebanyak 1 kali, dan seterusnya.

LIHAT JUGA :  Membuat Jam Digital Berbasis IC 74LS192

Sinyal Clock dan Latch bisa didapat dari pengendali mikrokontroler atau sejenisnya, pada simulasi ini saya atur masing-masing sinyal berbentuk sinyal pulsa dengan amplitudo 5 Volt dan periode 1 detik atau memiliki freukuensi yang sama.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam video simulasi di bawah ini.

Tinggalkan komentar